#07: Entrepreneur Multi-Bisnis

Anda mungkin atau tidak sudah mendengar nama satu orang ini.

Namanya Elon “Reeve” Musk. Founder-nya Paypal, CEO-nya SpaceX, CEO-nya SolarCity, CEO-nya Neuralink, CEO-nya Tesla Motors, dsb. Tak pernah seorangpun yang aku tahu bisa memegang CEO di industri kelas dunia sebanyak seperti dia.

Statistik tidak berbohong. Dia punya gaji bersih 15.2 milyar US$, membuat dia orang ke-80-an terkaya didunia. Jangan tanya apa yang dia lakukan sekarang, karena dia sampai sekarang sedang merealisasi kehidupan masa depan yang awalnya hanyalah sebuah fantasi.

Dia punya mimpi untuk memobilisasi masyarakat dunia dengan energi terbarukan, dan memberi kesepatan untuk dunia bereksplorasi lebih jauh, seperti kolonisasi ke Mars.

Jika tidak karena Paypal, maka tak mungkin orang bermodal kecil bisa berbisnis lewat internet.

Jika tidak karena SpaceX, maka eksplorasi luar angkasa tak mungkin jauh lebih murah 10x lipat bahkan menyanggupi untuk mengirim orang ke Mars.

Jika tidak karena SolarCity, maka panel surya bukanlah sumber energi kedua terbesar di US.

Jika tidak karena Tesla Motors, maka orang-orang tak menganggap “mobil tenaga listrik” adalah hal serius.

Ini masih permulaan, namun Tesla Model 3 sudah menyaingi Lamborghini, dan bakal semurah kelas Avanza. Tak ada lagi orang pakai bensin karena listrik (disana memang) sudah gratis. SpaceX sudah gunting pendanaan peluncuran roket hingga 10% dari biasanya, dan itu adalah 5 milyar US$. Kita sudah bisa mengharap mobil elektrik sudah mainstream pada 2025 dan seseorang sudah meluncur ke Mars pada 2035.

SpaceX_twitter.com
SpaceX

Namun yang keren dari itu semua, adalah biografi dia sendiri. Aku akan beritahu rahasia sukses seperti dia.


Dia berawal dari nol. Dia lahir di Afrika Selatan hingga pindah ke Kanada pada umur 18. Jadi bagaimana karir dia meroket hingga milyaran dollar?

Elon Musk menghabiskan masa kecilnya dengan membaca, dan membaca. Enam tahun di Kanada ia mendapat sarjana Fisika, lalu pindah ke California sejak 1995 (umur 24).

Dia mempunyai niat untuk lanjut S2, namun ditinggalkan dan berniat menjadi Entrepreneur.

Mulai dari sini semuanya bakal terlihat menarik.

Dia mulai dengan sebuah software web Zip2 dengan adiknya dengan meng-investasi $2000 uang ayahnya, hingga tahun 1999 dan Compaq membelinya 307 juta US$. Dia dapat 7% dari itu.

Itu uang yang banyak namun ia tak berhenti disana. Ia mendirikan X.com dengan investasi 10 juta US$ dari hasil penjualan Zip2. Ternyata X.com join dengan perusahaan lain dan lahirlah Paypal.com. Tahun 2002 dan Paypal dibeli oleh eBay dengan saham 1.5 milyar US$, dan dia dapat 12% dari itu.

Di tahun yang sama ia menemani rekannya yang bekerja di NASA untuk membeli iCBM (roket) di Rusia. Ternyata satu roket dihargai 8 Milyar US$. Elon melihat ini terlalu mahal bahkan ia menghitung sendiri kalau materialnya saja hanya 3% dari itu. Alhasil, sepulang dari Rusia dia mendirikan SpaceX dengan saham awal 100 juta US$. SpaceX adalah industri roket antariksa dan ia sudah membuat takjub baik NASA, Astronomer, Engineer yang terlibat.

Di situasi lainnya Elon Musk menginvestasi sebagian sahamnya kepada Tesla Motors dan SolarCity. Ia berniat demikian untuk menghindari global warming dan yakin keduanya mampu memajukan energi terbarukan. Investasinya tentu sangat besar bahkan membuat ia menjadi CEO di kedua industri tersebut. Kedua industri tersebut yang bermula belum apa-apa sekarang adalah industri top kelas dunia.

Hingga sekarang Elon Musk sedang membangun ide dan sahamnya untuk memajukan masyarakat dan teknologi. Dia sekali lagi menyebarkan bibit industri di bidang lain seperti Hyperloop dalam industri Jet, OpenAl untuk penelitian algothma robot, Neuralink dalam menghubungkan otak dengan komputer, hingga The Boring Company yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah traffic dengan mengeruk lubang untuk terowongan lalu lintas.

Elon Musk tidak ingin ia dikalahkan karena musuh mereka sedang melakukan tujuan yang sama dengan menggerogoti uang pemerintah.


 

Siapa yang tak ingin menjadi seperti Elon Musk? Akal genius dan niat baik disertai skill Entrepreneur dengan kemampuan Investasi dia yang lebih dari memadai membuat mimpi para pemimpi dan peneliti menjadi kenyataan.

Sekarang mungkin kita tidak merasakan jasa dia. Namun dihari tua saya, aku bisa menyaksikan peradaban maju yang berkembang seperti saat kita beralih dari dokar menjadi sedan.

“Jika ada suatu hal yang cukup penting, meskipun perasaan anda sedang melawan anda, anda harusnya tetap melakukan hal itu juga” – Elon Musk

Semua orang yang tahu dia tentu kagum atas apa yang dia lakukan. Dia (akan) menjadi Hero dunia. Penemu dan Penyelamat Masa Depan.

Aku akan sangat berterima kasih atas apa yang dia lakukan dengan meletakkan satu Mobil Tesla di garasi rumah masa depan saya. Aku Berharap.

TeslaShow_uhabit.us
Showcase Tesla Model S

 

Ini sekedar tambahan referensi/link untuk Elon Musk:
English Wikipedia
Twitter (Akun Sosial Official)

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: